Rabu, 13 Januari 2010

Makalah Belajar

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum. Wr. Wb.

Makalah Belajar ini disusun guna memenuhi tugas mata kuliah Psikologi Pendidikan. Isi makalah ini diharapkan dapat menambah informasi, motivasi, serta pemahaman yang lebih mendalam tentang belajar.

Selain itu makalah ini diharapkan dapat memperbaiki cara atau sistem belajar bagi para pembaca, agar dapat lebih meningkatkan mutu pribadi para pembaca. Penulis betharap mudah-mudahan tulisan yang sederhana ini bermanfaat bagi pembaca dan kemajuan dalam belajar.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Surakarta, Januari 2010

Penyusun,

DAFTAR ISI

Halaman Judul…………………………………………………………….. i

Kata Pengantar……………………………………………………………. ii

Bab I Pendahuluan……………………………………………….. 1

A. Latar Belakang…………………………………………….. 1

B. Tujuan……………………………………………………… 1

C. Rumusan Masalah…………………………………………. 1

Bab II Pembahasan………………………………………………... 2

A. Pengertian Belajar…………………………………………. 2

B. Faktor yang Menghambat Belajar…………………………. 2

C. Beberapa Teori Belajar…………………………………….. 3

D. Belajar yang Efektif……………………………………….. 3

Bab III Penutup……………………………………………………. 8

A. Kesimpulan………………………………………………… 8

B. Saran……………………………………………………….. 8

Daftar Pustaka……………………………………………………………… 9

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Belajar merupakan suatu proses yang mengakibatkan perubahan perilaku. Perubahan perilaku itu dapat actual (yang nampak) maupun potensial (tidak nampak). Perubahan perilaku akan terjadi atau diakibatkan pengalaman dan latihan dimasa sebelumnya.

Belajar adalah proses yang tak nampak melainkan yang nampak adalah hasil dari proses belajar tersebut. Dalam belajar pun terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi suatu proses atau belajar tersebut. Terdapat pula berbagai teori tentang belajar yang dikemukakan oleh para ahli.

B. Tujuan

? Meningkatkan mutu belajar

? Meningkatkan kepedulian bagi para pembaca tentang pentingnya belajar

? Menambah referensi tentang belajar

C. Perumusan Masalah

Makalah tentang belajar ini mencakup beberapa masalah:

ü Pengertian tentang belajar

ü Beberapa teori tentang belajar

ü Bebagai faktor yang mempengaruhi belajar

ü Berbagai faktor penghambat proses belajar

ü Bagaiman belajar efektif

ü Beberapa tips belajar efektif

BAB II

PEMBAHASAN

A. Pengertian Belajar

Skinner (1958) mengatakan “Learning is a proses of progressive behavior adaptation”. Belajar adalah suatu proses adaptasi perilaku yang bersifat progresif.

Beberapa hal mengenai belajar:

1. Belajar merupakan suatu proses, yang mengakibatkan adanya perubahan perilaku (change in behavior of performance).

2. Perubahan perilaku itu dapat actual, yaitu yang nampak tetapi juga dapat bersifat potensial, yang tidak nampak pada saat itu, tetapi akan manpak dilain kesempatan.

3. Perubahan yang disebabkan belajar bersifat relatif permanen, yaitu perubahan itu akan bertahan dalam waktu yang reatif lama.

4. Perubahan perilaku. Perubahan melalui pengamatan / latihan.

B. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Belajar

1. Faktor yang bersumber dari dalam diri (internal), adalah faktor yang tumbuh dari dalam dirinya yaitu berupa prinsip atau target dalam diri untuk mencapai sesuatu yang sesuai dengan keinginan.

2. Faktor yang bersumber dari luar dirinya (eksternal), adalah faktor-faktor atau pengaruh yang tumbuh dari luar dirinya, seperti motivasi yang diperoleh dari orang lain.

C. Beberapa Teori Belajar

Tingkah laku (belajar) merupakan reaksi organisme sebagai keseluruhan terhadap rangsang.

1. Teori belajar yang berorientasi pada aliran Behaviorisme

a. Teori Asosiatif adalah belajar yang dibentuk melalui kondisioning atu kebiasaan. Sebagai contoh membiasakan menggunakan tangan kanan untuk menerima suatu pemberian (Pavlov).

b. Teori Fungsionalistik

Belajar agar mencapai hasil yang baik harus ada kesiapan (Thorndike)

2. Teori belajar berorientasi pada aliran kognitif

a. Jean Piaget, Proses merespon individu terhadap lingkungan yang sesuai dengan struktur kognitiff individu adalah asimilasi.

b. Kohler menyimpulkan bahwa dalam belajar memecahkan masalah adalah dengan insight (insightfull learning).

3. Teori belajar Albert Bandura. Perilaku dibentuk dan berubah melalui situasi sosial, interaksi sosial dengan orang lain.

D. Belajar Yang efektif

1. Belajar dengan kata-kata. Gaya ini bisa kita mulai dengan mengajak seorang teman yang senang bermain dengan bahasa, seperti bercerita dan membaca serta menulis. Gaya belajar ini sangat menyenangkan karena bisa membantu kita mengingat nama, tempat, tanggal, dann hal-hal lainnya.

2. Belajar dengan bertanya. Bagi sebagian orang, belajar makin efektif dan bermanfaat bila itu dilakukan dengan cara bermain dengan pertanyaan.

3. Belajar dengan gambar. Ada sebagian orang yang lebih suka belajar dengan membuat gambar, merancang , melihat gambar, slide, video atau film. Orang yang memiliki kegemaran ini, biasa memiliki kepekaan tertentu dalam menangkap gambar atau warna.

4. Belajar dengan musik, berusaha mendapat informasi terbaru mengenai beragam hal dengan cara mangingat notasi atau melodi musik yang kemudian bisa membuatnya mencari informasi yang berkaitan dengan itu.

5. Belajar dengan gerak
Gerak manusia, menyentuh sambil berbicara dan menggunakan tubuh untuk mengekspresikan gagasan adalah salah satu cara belajar yang menyenangkan. Mereka yang biasanya mudah memahami atau menyerap informasi dengan cara ini adalah kalangan penari, olahragawan. Jadi jika Anda termasuk kelompok yang aktif, tak salah mencoba belajar sambil tetap melakukan beragam aktivitas menyenangkan seperti menari atau berolahraga

6. Belajar dengan bersosialisasi.
Bergabung dan membaur dengan orang lain adalah cara terbaik mendapat informasi dan belajar secara cepat. Dengan berkumpul, kita bisa menyerap berbagai informasi terbaru secara cepat dan mudah memahaminya. Dan biasanya, informasi yang didapat dengan cara ini, akan lebih lama terekam dalam ingatan.

7. Belajar dengan kesendirian
Ada sebagian orang yang gemar melakukan segala sesuatunya, termasuk belajar dengan menyepi. Untuk mereka yang seperti ini, biasanya suka tempat yang tenang dan ruang yang terjaga privasinya. Jika Anda termasuk yang seperti ini, maka memiliki kamar pribadi akan sangat membantu Anda bisa belajar secara mandiri

BAB III

PENUTUP

A. Kesimpulan

Dalam makalah ini penulis dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut :

Ø Berbagai hambatan yang tumbuh dalam belajar

Ø Masih begitu banyak konsep belajar yang lebih efektif yang harus diterapkan dalam sistem pendidikan Indonesia

Ø Masih begitu banyak pembaharuan yang harus diterapkan dalam metode pembelajaran.

B. Saran

Penulis ingin menyampaikan beberapa pesan kepada pembaca antara lain :

v Untuk selalu menambah ilmu pengetahuan

v Hendaknya kita sebagai manusia harus manjaga segala sesuatu yang telah diberikan dan diciptakan Allah SWT

v Hendaknya kita selalu belajar dimanapun dan kapanpun karena begitu banyak manfaat dalam belajar

DAFTAR PUSTAKA

Prof. Dr. Bimo Walgito. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta : Andi

Abu Ahmadi, Widodo Supriyono. 2004. Psikolog Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

http://google.com/belajaryangefektif


Tidak ada komentar: